Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas pengembangan media video pembelajaran untuk membaca aksara Jawa pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Proses pengembangan video pembelajaran menggunakan model 4-D yang dimodifikasi dan disederhanakan yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tanpa melakukan penyebaran (disseminate). Hasil pengembangan berupa media video pembelajaran yang berisi materi aksara Jawa. Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah validator. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran. Dengan analisis data yaitu analisis kevalidan media pembelajaran. Berdasarkan data dari hasil validasi diperoleh bahwa pengembangan media video pembelajaran untuk membaca aksara Jawa memenuhi kriteria layak, yang sebagai berikut: a) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh validator ahli materi memperoleh presentase 80% yang dikategorikan layak dan dapat digunakan saat proses pembelajaran, dan b) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh validator ahli media memperoleh presentase 73,33% yang dikategorikan layak dan dapat digunakan saat proses pembelajaran.