HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA DENGAN TINGKAT MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 SDN KLANGONAN GIRI KEBOMAS GRESIK

Main Authors: Khaqiqiyah, Nur, Laily, Nadhirotul
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Psikosains , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/4049/1/HUBUNGAN%20ANTARA%20TINGKAT%20PERENCANAAN%20KARIER%20DENGAN%20TINGKAT%20SELF%20REGULATED%20LEARNING%20PADA%20MAHASISWA%20PRODI%20TEKNIK%20INFORMATIKA%20UNIVERSITAS%20MUHAMMADIYAH%20GRESIK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/4049/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--nurkhaqiqi-1222
Daftar Isi:
  • Pendidikan anak pada hakikatnya adalah tanggung jawab orang tua. Orang tua adalah pengasuh, pendidik dan membantu proses sosialisasi. Perhatian orang tua adalah cara orang tua memberikan bimbingan belajar di rumah, mendorong dan memberikan pengarahan pentingnya belajar serta memperhatikan kebutuhan alat yang menunjang pelajaran Penelitian ini merupakan tipe penelitian korelasional. Berdasarkan pendekatannya termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah laki-laki dan perempuan kelas 4 & 5 SDN Klangonan Giri Kebomas Gresik. Metode pengumpulan data dari kedua variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert. Kedua variabel diolah menggunakan korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan nilai r = 0,417, p = 0,01, p < 0,05 Dengan demikian hasil perhitungan nilai r lebih besar dari nilai r tabel yang berarti ada hubungan positif antara perhatian orang tua dengan tingkat motivasi berprestasi anak. maka dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Tingkat Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas 4 & 5 SDN Klangonan Giri Kebomas Gresik.