Hubungan Antara Kecenderungan Persepsi Terhadap Guru BK dengan Tingkat Minat Konsultasi Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Gresik
Main Authors: | Refian, Hantika Sari, Laily, Nadhirotul |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Psikosains
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/4048/2/HUBUNGAN%20ANTARA%20KECENDERUNGAN%20PERSEPSI%20TERHADAP%20GURU%20BK%20DENGAN%20TINGKAT%20MINAT%20KONSULTASI%20PADA%20SISWA%20KELAS%20X%20SMK%20PGRI%201%20GRESIK.pdf http://eprints.umg.ac.id/4048/ http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--refianhant-1204 |
Daftar Isi:
- Keberadaan dan fungsi guru BK dalam proses pendidikan adalah penting, yaitu untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalahnya melalui proses konseling atau konsultasi, akan tetapi masih ada sebagian siswa yang kurang berminat untuk melakukan konsultasi kepada guru BK dan pada akhirnya tujuan dari bimbingan dan konseling tersebut tidak tercapai. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah persepsi sebagian siswa yang masih negatif terhadap guru BK. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya hubungan antara persepsi terhadap guru BK dengan minat konsultasi. Persepsi terhadap guru BK diartikan sebagai suatu proses penginderaan siswa yang disertai oleh interpretasi yang positif maupun negatif terhadap guru BK di sekolah yang berperan dalam proses bimbingan dan konseling (Walgito, 2004:87). Minat konsultasi diartikan sebagai suatu frekuensi kecenderungan atau ketertarikan siswa untuk meminta bantuan, informasi atau nasihat kepada seseorang yang ahli mengenai permasalahan yang dihadapi (Hartono & Soedarmadji, 2006:103)