Daftar Isi:
  • Kepuasan pasien berkaitan erat dengan mutu pelayanan, mutu yang baik akan memberikan pengalaman yang baik kepada pasien.Pasien yang berkunjung diharapkan selalu meningkat seiring dengan berjalannya waktu, sehingga kriteria mutu pelayanan juga akan tercapai dan mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan instalasi farmasi di Puskesmas Tlogosadang. Desain Penelitian deskriptif kualitatif. Populasiadalah seluruh pasien BPJS rawat jalan yang menebus resep di Instalasi Farmasi Puskesmas Tlogosadang pada bulan Juni 2020 dan besar sampel 83 dengan teknik accidental sampling. Variabel pada penelitian ini adalah kepuasan pelayanan dengan sub variabel kehandalan, ketanggapan, kemampuan, fasilitas dan empati. Pengumpulan data dengan kuesioner dan di analisis secara kualitatif.Hasil penelitian terkait tingkat kepuasan pasien terhadap dimensi kehandalan sebesar 70 % merasa puas. Pada dimensi ketanggapan menunjukkan sebesar 70 % tergolong kategori puas. Pada dimensi kemampuan menunjukkan sebesar 66 % tergolong kategori kurang puas. Pada dimensi fasilitas menunjukkan sebesar 56 % tergolong kategori kurang puas. Pada dimensi empati menunjukkan sebanyak 60 % tergolong kategori puas. Secara keseluruhan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di instalasi farmasi puskesmas Tlogosadang adalah 94 % tergolong kategori puas.