Daftar Isi:
  • Kepuasan merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara kinerja dan hasil yang dirasakan dari suatu pelayanan. Pelanggan yang puas berdampak terhadap minat pelanggan untuk kembali ke apotek yang sama dan pula sebagai alat promosi dari mulut ke mulut bagi calon pelanggan lain yang dapat berpengaruh sangat positif bagi usaha apotek. Masalah penelitian adalah di 70% pelanggan merasa tidak puas atas pelayanan yang diberikan di Apotek Narendra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen di Apotek Narendra. Jenis penelitian ini adalah observasional yang bersifat deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian adalah kuesioner yang menggunakan skala likert lima dimensi, yaitu dimensi keandalan pelayanan atau reliability, dimensi ketanggapan pelayanan atau responsiveness, dimensi jaminan atau assurance, dimensi empati atau Empathy dan dimensi berwujud atau tangible. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Narendra dikategorikan puas dengan rata-rata 56%, dimana dimensi bukti fisik sebesar 55,3% puas, pada dimensi kehandalan sebesar 57,4% puas, pada dimensi ketanggapan sebesar 59,6% puas, pada dimensi keyakinan sebesar 59,6% puas dan pada dimensi empati sebesar 46,8% puas.