PROFIL TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KIMIA FARMA IBNU SINA GRESIK
Daftar Isi:
- Apotek merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan dalam membantu mewujudkan tercapainya derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Kepuasan adalah suatu keadaan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat dapat diperoleh dari produk yang telah diberikan. Kepuasan konsumen sangat penting bagi kelangsungan hidup apotek karena ketika konsumen mendapat kepuasan, maka besar kemungkinan apabila konsumen tersebut membutuhkan pelayanan kefarmasian di kemudian hari, konsumen akan kembali lagi ke apotek dan akan menjadi pelanggan setia kita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Ibnu Sina Gresik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan retrospektif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuisioner dengan metode pengambilan sampel time limited sampling & accidental sampling. Hasil dari penelitian ini adalah pasien merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Ibnu Sina Gresik dengan rata-rata skor 99,92.