Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, bahwa diketahui hasil kemampuan berpikir kritis kelas V UPT SDN 35 Gresik menunjukkan hasil yang rendah dengan 64.48% peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM >75. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dalam kemampuan berpikir kritis kelas V UPT SDN 35 Gresik 86.11% peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM. Dari masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas V UPT SDN 35 Gresik dengan menggunakan model concept setence. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V UPT SDN 35 Gresik yang berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 20 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam 1 siklus. Metode pengumpulan data yang diguanakan adalah observasi aktivitas peserta didik, observasi aktivitas guru, dan observasi kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model concept setence untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang dilakukan dengan melihat hasil lembar tes kemampuan berpikir kritis setelah pembelajaran dengan mencapai hasil prosentase 86,11% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Penerapan model concept setence, kemampuan berpikir kritis