PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS MODEL PICTURE AND PICTURE PADA KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV UPT SD NEGERI 76 GRESIK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop Up Book berbasis model Picture and Picture untuk pembelajaran menulis narasi pada peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 76 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan menurut Sadiman, dkk. (2014). Penelitian ini terdiri dari tujuh tahapan yang meliputi: (1) identifikasi kebutuhan: (2) perumusan tujuan; (3) perumusan butir materi; (4) perumusan alat pengukur keberhasilan; (5) penulisan naskah media; (6) tes/uji coba; dan (7) revisi. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 76 Gresik yang beralamatkan di desa Wedani, kecamatan Cerme, kabupaten Gresik, Jawa Timur. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 76 Gresik dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, validasi, dan tes yang menggunakan instrumen penelitian berupa lembar wawancara, lembar angket, lembar validasi, dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pop Up Book yang dikembangkan peneliti dalam segi ahli media pembelajaran berkategori “Sangat Valid” dengan hasil validasi mencapai 88%, sedangkan dari segi ahli materi berkategori “Sangat Valid” dengan hasil validasi mencapai 91,4%. Tingkat keberhasilan pengembangan media Pop Up Book menunjukkan hasil yang baik melalui tes/uji coba yang mencapai 89,2% dan berkategori “Baik”. Tingkat kemenarikan media Pop Up Book berdasarkan hasil angket respon peserta didik berkategori “Sangat Baik” dengan perolehan nilai mencapai 92,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book berbasis model Picture and Picture yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.