PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
Main Author: | HAKIKY, NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/3492/1/3.%20ABSTRAK.pdf http://eprints.umg.ac.id/3492/2/4.%20BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/3492/3/5.%20BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/3492/4/6.%20BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/3492/5/7.%20BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/3492/6/8.%20BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/3492/7/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umg.ac.id/3492/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, ditemukan beberapa masalah yaitu minimnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pecahan serta buku ajar yang digunakan kurang memfasilitasi proses berpikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar matematika materi pecahan kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan tiga tahap model 4-D yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan) dengan modifikasi peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Iker-Iker Geger Cerme Gresik yang berjumlah 14 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi dan uji coba diperoleh bahwa pengembangan modul ajar matematika materi pecahan kelas IV di Sekolah Dasar menghasilkan modul ajar yang berkualitas, yaitu a) modul ajar dikategorikan sangat valid (86,25), b) modul ajar dikategorikan praktis dengan sedikit revisi, c) modul ajar dikategorikan efektif dengan persentase ketuntasan klasikal 85,71% dan persentase skor angket respon peserta didik 88,57%.