Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi banyaknya siswa yang mendapatkan nilai kurang dari KKM, di karenakan proses pembelajaran pada materi jenis-jenis pekerjaan yang membosankan. Maka guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitin tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 3 di SDN 1Sembayat pada materi jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan media kartu gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar. Pada proses pembelajaran peneliti menggunakan model pembelajaran picture and picture. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 di SDN 1 Sembayat pada semester genap yng berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa peningkatan hasil belajar dalam materi jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan yang menghasilkan jasa belum optimal namun media kartu gambar yang digunakan telah menunjukkan peningkatan pada hasil belajar. Pada nilai observasi sebelum dilakukan penelitian untuk peserta didik yang tuntas ada 10 ( 42% ) dan tidak tuntas ada 14 ( 58% ) peserta didik. Sedangkan pada siklus I untuk peserta didik yang tuntas ada 19 ( 79% ) dan tidak tuntas ada 5 ( 21% ) peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa cengan menggunakan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada materi jenis-jenis pekerjaan.