Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis macromedia flash peserta didik kelas IV SD Negeri Suci. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D tetapi peneliti menggunakan sampai pada tahap ketiga yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Suci sebanyak 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data dan instrumen menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil analisis data diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash sesuai dengan kualitas media pembelajaran, yaitu: a) hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan validator (guru kelas dan orang yang ahli dibidangnya) memperoleh rata-rata persentase 89,5% dapat dikategorikan valid, b) media pembelajaran dikategorikan praktis karena validator menyatakan dengan sedikit revisi, c) media pembelajaran dikategorikan efektif dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 85%, dan hasil persentase angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis macromedia flash sebesar 89,19%.