PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATERI ENRGI DAN PERUBAHNNYA PADA PESERTA DIDIK DI KELAS III SDN BANJAREJO
Main Author: | FEBRIYANA, DEVI INDRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/3367/1/ABSTRAK.pdf http://eprints.umg.ac.id/3367/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/3367/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/3367/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/3367/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/3367/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/3367/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umg.ac.id/3367/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model kooperatif tipe jigsaw materi energi dan perubahannya pada peseta didik kelas III SDN Banjarejo. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, sehingga bisa disebut dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Peserta didik kelas III SDN Banjarejo saat proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, peserta didik cenderung pasif dan guru yang lebih aktif. Peserta didik lebih sering mendengarkan apa yang dijelaskan guru dan hanya menerima apa yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw materi energi dan perubahannya pada peserta didik di kelas III SDN Banajarejo. Kemudian dilakukan penelitian diskriptif kualitatif, juga dilakukan observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunujukkan aktivitas guru dalam pertemuan 1 dan 2 memiliki skor pertemuan pertama 76,19% dan untuk pertemuan ke 2 yaitu 92,85% dengan mencapai kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik memperoleh skor 83,3 % dengan kriteria sangat baik, dan hasil tes pemahaman konsep yang berkaitan dengan materi energi dan perubahnya menunjukkan bahwa nilai peserta didik mendapatkan 83,7%.