Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, ditemukan beberapa masalah yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi ekosistem serta pembelajaran hanya menggunakan buku pegangan siswa yang kurang memfasilitasi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar peserta didik materi ekosistem kelas V Sekolah Dasar Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 4 tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Tegalsari 01 yang berjumlah 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data dan instrument data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas guru dan peserta didik serta lembar tes hasil belajar untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan aktivitas guru pada siklus I diperoleh hasil sebesar 91,6% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 100% kategori baik. Pada tes hasil belajar siklus I ketuntasan klasikal sebesar 76,4% atau 13 peserta didik, sedangkan pra tindakan didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 64% atau 11 peserta didik. Sehingga penerapan media diorma dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan.