Daftar Isi:
  • Penelitian Deskriptif Kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media diorama berbasis kearifan lokal pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV SDN Pandanan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang penulis dapatkan bahwa proses pembelajaran tema 8 subtema keunikan daerah tempat tinggalku di sekolah tersebut kurang efektif. Kurang efektifnya proses pembelajaran diakibatkan pada materi tersebut memerlukan sebuah media agar dapat menggambarkan keadaan nyata, keunikan daerah tempat tinggal, dan keadaan ekonomi, sosial serta budayanya. Dari data sementara yang diperoleh, sebagian peserta didik belum memenuhi nilai KKM dalam Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Ketuntasan Kriteria Minimumnya adalah 75. Adapun Subjek penelitian ini di SD Negeri Pandanan dengan 16 orang peserta didik yang terdiri dari 13 laki-laki dan 3 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dan metode tes. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar guna mengetahui hasil belajar peserta didik . Hasil dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria sangat baik, karena dalam keseluruhan pertemuan memiliki rata – rata 93,7 yang berada diantara skala 85 - 100 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik termasuk dalam kategori aktif yaitu mencapai 63,35% Dari prosentase yang harus dicapai ≥ 50%. Tes hasil belajar mencapai 87,5% dan dikatakan tuntas apabila ketuntasan klasikal minimal mencapai ≥75%. Maka dapat disimpulkan bahwa media diorama dapat digunakan sebagai media penunjang pembelajaran.