PENGARUH TINGKAT KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GRESIK
Main Author: | SARI, RIRIN LUPITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/3278/1/ABSTRAK.pdf http://eprints.umg.ac.id/3278/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/3278/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/3278/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/3278/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/3278/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/3278/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umg.ac.id/3278/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan peserta didik terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik dengan masalah penelitian, “Apakah terdapat pengaruh kedisiplinan peserta didik terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode kuisioner dengan menggunakan instrument angket sebanyak 25 item pernyataan yang terdiri dari bobot positif dan negatif, dengan jumlah populasi sebanyak 112siswa maka ditentukan banyak sampel dan diperoleh total sampel sebanyak 56siswa. Teknik pengolahan data dalam penelitian menggunakan rumus regresi linier sederhana. Dari hasil perhitungan regresi linear sederhana maka terdapat pengaruh disiplin sekolah terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Mhammadiyah 1 Gresik. Dengan perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 34,341+0,529X. Koefisien Determinasi (R2) dari hasil penelitian ini menunjukkan kontribusi pengaruh variabel bebas yaitu disiplin sekolah terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar sebesar 45,7%. Jadi kesimpulannya adalah tingkat kedisiplinan peserta didik berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik