Daftar Isi:
  • Kemampuan komunikasi merupakan bagian yang esensial bagi matematika dan pendidikan matematika. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan ide atau gagasan dalam menyelesaikan soal-soal matematika baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media Geogebra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G SMP Negeri 2 Cerme yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis tulis dan metode wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII G SMP Negeri 2 Cerme memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Dengan rincian sebanyak 12 dari 32 peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi, 14 dari 32 peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang, dan 6 dari 32 peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis rendah.