Daftar Isi:
  • Pelayanan kefarmasian adalah pelayanan secara langsung dan bertanggung jawab kepada pasien berkaitan dengan pengobatan untuk mencapai hasil yang lebih baik, sehingga meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan kefarmasian bukan hanya dilakukan oleh apoteker, tetapi juga dilakukan oleh tenaga teknis kefarmasian. Salah satu bentuk pelayanan kefarmasian yang dilakukan apoteker/tenaga teknis kefarmasian adalah pelayanan KIE. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil pelayanan kefarmasian terutama KIE yang diberikan oleh apoteker atau tenagateknis kefarmasian di Apotek Mida Farma Gresik agar tidak terjadi medication error. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner. Hasil menunjukkan pelayanan KIE yang dilakukan petugas Apotek Mida Farma Gresik sudah cukup baik, yang ditandai konsumen 66% selalu mendapat penjelasan mengenai aturan pakai obat, cara penggunaan obat, efek samping obat, kontra indikasi obat, dan cara penyimpanan. Namun apoteker dan tenaga teknis kefarmasian harus lebih meningkatkan pelayanan KIE agar pasien yang membeli obat dapat lebih memahami tentang penggunaan hingga penyimpanan obat secara baik dan benar agar mendapatkan kategori baik dalam pelayanan KIE kepada pasien.