KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA POKOK BAHASAN BARISAN DI KELAS XI-IPA 4 SMA NEGERI 1 CERME
Main Author: | Faslah, Fachorul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/3242/1/ABTRAK.pdf http://eprints.umg.ac.id/3242/2/BAB%201.pdf http://eprints.umg.ac.id/3242/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/3242/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/3242/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/3242/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/3242/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umg.ac.id/3242/ |
Daftar Isi:
- Selama kegiatan belajar mengajar, pendidik dan peserta didiki merupakan dua komponen yang saling berhubungan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Pendidik masih jarang untuk melakukan inovasi dalam pembelajarannya. Dan jarang mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membuat peserta didik ketika mengerjakan sebuah soal, merka sering mengalami kesulitan. Dalam setiap peserta didik memiliki tingkat kemampuan metakognitifnya masing-masing. Dan kemampuan metakognintif ini digunakan agar memastikan tujuan yang dirumuskan bisa tercapai. Untuk mengatasi masalah ini, perlu mengukur kemampuan metakognitif peserta didik dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan kemampuan metakognitif peserta didik pada penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan penelittian deskriptif kuantitaif. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Cerme Gresik yang berjumlah 37 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Intrumen penelitian terdiri dari lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar, dan angket kemampuan metakognitif. Hasil tes analisis data menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunaka pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam kategori sangat baik, aktivitas peserta didik dalam kategori baik, ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai, dan rata-rata kemampuan metakognitif peserta didik dalam kategori sedang.