ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING DI SMP NEGERI 2 KEBOMAS

Main Author: APRILIANI, YENNY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/3148/1/ABSTRAK%20YENNY.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/5/Bab%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/
ctrlnum 3148
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/3148/</relation><title>ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS&#xD; PESERTA DIDIK KELAS VII MELALUI MODEL&#xD; PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN&#xD; TEKNIK SCAFFOLDING DI SMP NEGERI 2 KEBOMAS</title><creator>APRILIANI, YENNY</creator><subject>Mathematic Education</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk&#xD; mendeskripsikan kecerdasan logis matematis peserta didik menggunakan model&#xD; pembelajaran berbasis masalah dengan teknik scaffolding kelas VII di SMP Negeri 2&#xD; Kebomas, pada materi persamaan linear satu variabel bentuk soal cerita. Penelitian ini&#xD; dilakukan karena dalam proses pembelajaran mata pelajaran matematika peserta didik&#xD; mengalami kesulitan dalam berfikir dan memecahkan masalah. Kemampuan berfikir&#xD; dan memecahkan masalah ini termasuk dari salah satu karakteristik dalam kecerdasan&#xD; logis matematis. Salah satu alternatif model dan teknik pembelajaran yang dapat&#xD; digunakan untuk menangani kecerdasan logis matematis peserta didik adalah model&#xD; pembelajaran berbasis masalah dengan teknik scaffolding, karena dalam model dan&#xD; teknik pembelajaran ini dapat mengembangkan kemampuan berfikir serta&#xD; memecahkan masalah peserta didik.&#xD; Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2&#xD; Kebomas tahun pelajaran 2017-2018 yang terdiri dari 32 peserta didik. Metode&#xD; pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Metode tes&#xD; digunakan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis peserta didik melalui&#xD; model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik scaffolding.&#xD; Dari hasil analisis data, kecerdasan logis matematis peserta didik kelas VII-F&#xD; SMP Negeri 2 Kebomas setelah melakukan pembelajaran menggunakan model&#xD; pembelajaran berbasis masalah dengan teknik scaffolding tergolong cukup baik&#xD; memiliki rata-rata persentase nilai kecerdasan logis matematis sebesar 50%, dengan&#xD; rincian pada indikator mengklasifikasikan informasi tergolong baik dengan rata-rata&#xD; 73,66%, indikator membandingkan informasi pada masalah dengan pengetahuan&#xD; yang dimiliki tergolong baik dengan rata-rata 61,61%, indikator operasi hitung&#xD; matematika tergolong baik dengan rata-rata 70,09%, indikator penalaran induktif dan&#xD; deduktif tergolong cukup baik dengan rata-rata 55,80%, indikator membuat dugaan&#xD; mengenai jawaban dari masalah tergolong kurang dengan rata-rata 21,43%, dan&#xD; indikator memeriksa kembali dugaan yang dibuat tergolong sangat kurang dengan&#xD; rata-rata 17,41%.</description><date>2018-01-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/3148/1/ABSTRAK%20YENNY.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/3148/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/3148/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/3148/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/3148/5/Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/3148/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/3148/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> APRILIANI, YENNY (2018) ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING DI SMP NEGERI 2 KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><recordID>3148</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author APRILIANI, YENNY
title ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING DI SMP NEGERI 2 KEBOMAS
publishDate 2018
topic Mathematic Education
url http://eprints.umg.ac.id/3148/1/ABSTRAK%20YENNY.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/5/Bab%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3148/
contents Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik scaffolding kelas VII di SMP Negeri 2 Kebomas, pada materi persamaan linear satu variabel bentuk soal cerita. Penelitian ini dilakukan karena dalam proses pembelajaran mata pelajaran matematika peserta didik mengalami kesulitan dalam berfikir dan memecahkan masalah. Kemampuan berfikir dan memecahkan masalah ini termasuk dari salah satu karakteristik dalam kecerdasan logis matematis. Salah satu alternatif model dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan untuk menangani kecerdasan logis matematis peserta didik adalah model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik scaffolding, karena dalam model dan teknik pembelajaran ini dapat mengembangkan kemampuan berfikir serta memecahkan masalah peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Kebomas tahun pelajaran 2017-2018 yang terdiri dari 32 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Metode tes digunakan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis peserta didik melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik scaffolding. Dari hasil analisis data, kecerdasan logis matematis peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Kebomas setelah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik scaffolding tergolong cukup baik memiliki rata-rata persentase nilai kecerdasan logis matematis sebesar 50%, dengan rincian pada indikator mengklasifikasikan informasi tergolong baik dengan rata-rata 73,66%, indikator membandingkan informasi pada masalah dengan pengetahuan yang dimiliki tergolong baik dengan rata-rata 61,61%, indikator operasi hitung matematika tergolong baik dengan rata-rata 70,09%, indikator penalaran induktif dan deduktif tergolong cukup baik dengan rata-rata 55,80%, indikator membuat dugaan mengenai jawaban dari masalah tergolong kurang dengan rata-rata 21,43%, dan indikator memeriksa kembali dugaan yang dibuat tergolong sangat kurang dengan rata-rata 17,41%.
id IOS13350.3148
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:53:16Z
last_indexed 2020-03-24T07:53:16Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686664584018001920
score 17.538404