PENGARUH KECERDASAN LINGUISTIK, KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, DAN KECERDASAN SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP/MTs. DI KECAMATAN CERME
Main Author: | A’ISYAH, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/3143/1/ABSTRAK%20SITI%20A%27ISYAH.pdf http://eprints.umg.ac.id/3143/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/3143/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/3143/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/3143/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/3143/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/3143/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umg.ac.id/3143/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika berbeda-beda. Hal tersebut dapat terjadi karena kecerdasan masing-masing peserta didik yang berbeda-beda. Para ahli mengungkapkan bahwa setiap individu memiliki delapan kecerdasan, yakni kecerdasan linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan natural. Kedelapan kecerdasan tersebut tentunya memiliki peran yang berbeda dalam kemampuan setiap individu. Misalnya kecerdasan linguistik, kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan spasial yang berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan linguistik logis-matematis, dan spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik SMP dan MTs. di kecamatan Cerme. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX dengan jumlah populasi sebanyak 443 peserta didik. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini secara proporsional pada masing-masing sekolah dan didapatkan sebanyak 263 peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kesimpulan yang diperoleh adalah : (1) Kecerdasan linguistik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik SMP/MTs. di kecamatan Cerme. (2) Kecerdasan logis-matematis berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik SMP/MTs di kecamatan Cerme. (3) Kecerdasan spasial tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP/MTs di kecamatan Cerme. (4) Kecerdasan linguistik, logis-matematis dan spasial secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik SMP/MTs di kecamatan Cerme