HUBUNGAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA JNE CABANG GKB GRESIK

Main Author: FITRIYAH, SOLICHATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/303/1/ABSTRAK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/303/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/303/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/303/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/303/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/303/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/303/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen JNE Cabang GKB Gresik sebanyak 95 konsumen selama bulan Maret-Mei 2018 dari populasi yang dikembangkan dari Isaac dan Michael untuk tingkat taraf kesalahan 5% yaitu berjumlah 75 konsumen yang memenuhi karakteristik subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling (Sugiyono, 2016:87). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara kuantitatif dengan studi deskriptif korelasional, sedangkan untuk pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Spearman Rank (Rho). Hasil uji hipotesis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa , rhitung = 0,597 lebih besar daripada rtabel yaitu sebesar 0,227. Dengan demikian rhitung = 0,597, p = 0,000, taraf signifikan p < 0,05 sehingga korelasi tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Hasil tersebut menggambarkan bahwa rhitung > rtabel (0,597 > 0,227), hipotesis diterima. Hal tersebut berarti dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen, sehingga semakin tinggi persepsi kualitas pelayanan maka semakin tinggi pula kepuasan konsumen.