IMPLEMENTASI METODE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NAHDLATUL ULAMA (NU) BAHRUL ULUM MENGANTI GRESIK

Main Author: Ihyar, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/292/1/2.%20ABSTRAK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/292/2/3.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/292/3/4.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/292/4/5.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/292/5/6.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/292/6/7.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/292/
Daftar Isi:
  • Focus Group Discussion (FGD) adalah sebuah teknik pengumpulan data yang umumnya dilakukan pada penelitian kualitatif dengan tujuan menemukan makna sebuah tema menurut pemahaman sebuah kelompok. Teknikinidigunakanuntukmengungkappemaknaandarisuatukelompokberdasar kanhasildiskusi yang tepusatpadasuatupermasalahantertentu. Focus Group Discussion (FGD) juga dimaksudkanuntukmenghindaripemaknaan yang salahdariseorangpenelititerhadapfokusmasalah yang sedangditeliti. Bangunan Focus Group Discussion (FGD) dibangunberdasarkanasumsi; (a) keterbatasanindividuselalutersembunyipadaketidaktahuankelemahanpribaditer sebut; (b) masing-masinganggotakelompoksaling member pengetahuansatudengan yang lainnyadalampergaulankelompok; (c) setiapindividudikontrololehindividulain, sehinggaiaberupaya agar menjadi yang terbaik; (d) kelemahansubyektifterletakpadakelemahanindividu yang sulitdikontrololehindividu yang bersangkutan; (e) intersubyektifselalumendekatikebenaran yang terbaik (padasaatitu).