Daftar Isi:
  • Skripsi ini mengkaji tentang perbedaan tingkat stres siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar, dimana stres adalah stres akademik merupakan stres yang disebabkan oleh academic stressor dalam proses belajar mengajar atau hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar, misalnya: tekanan untuk naik kelas, lama belajar, kecemasan menghadapi ujian, banyaknya tugas yang harus diselesaikan, mendapat nilai ulangan yang jelek, birokrasi yang rumit, keputusan menentukan jurusan dan karir, bimbingan beljar sehingga kurang bisa manajemen waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat stres siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Untuk menguji validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity), Reliabilitas diuji dengan menggunkan teknik Alpha Cronbach dan perhitunganya menggunakan program SPSS 15.0 for windows. Data diolah menggunakan hasil uji statistik leven’s test yang menyatakan bahwa asumsi kedua varian adalah sama (Equal variances assumed) diperolah angka signifikansi 0,00 <0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan tingkat stres yang signifikan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.