HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT KEMATANGAN SOSIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

Main Author: YANTI, SUSI RAHMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/2875/1/ABSTRAK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2875/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2875/3/Bab%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2875/4/Bab%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2875/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2875/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2875/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--susirahmay-2625&q=SUSI%20RAHMA%20YANTI
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecanduan game online dengan tingkat kematangan social pada mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi 345 yang terdiri dari dari 275 mahasiswa laki-laki dan 70 mahasiswa perempuan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 110 mahasiswa aktif Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Gresik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tingkat kecanduan game online dan tingkat kematangan sosial yang disususn dengan menggunakan skala Likert. Dengan pilihan jawaban SS (Sangat Setuju), S (Setuju), KK (Kadang-Kadang), TS (Tidak Setuju), STS (Sangat Tidak Setuju). Metode analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan r=0,755 dengan p=0,002. Hasil tersebut membuktikan bahwa ada hubungan antara tingkat kecanduan game online dengan tingkat kematangan sosial pada mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Gresik. Semakin tinggi tingkat kecanduan game online seseorang, maka semakin rendah tingkat kematangan sosialnya, begitu pula sebaliknya.