PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORIAL DAN KINESTETIK PADA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MTs AL-GHOZALIYAH SENORI TUBAN
Main Author: | Nashihah, Durrotun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/2845/1/Abstrak%201.pdf http://eprints.umg.ac.id/2845/2/c%20BAB%20I%202012.pdf http://eprints.umg.ac.id/2845/3/d%20BAB%20II%202012.pdf http://eprints.umg.ac.id/2845/4/e%20BAB%20III%202012%20EQ.pdf http://eprints.umg.ac.id/2845/5/f%20BAB%204%202012.pdf http://eprints.umg.ac.id/2845/6/g%20daftar%20pustaka%202012.pdf http://eprints.umg.ac.id/2845/ |
Daftar Isi:
- Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu sehingga dapat memajukan daya pikir manusia. Sementara itu, realita yang berkembang pada sebagian peserta didik yaitu mereka beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit difahami. Hal inilah yang menjadikan mereka takut dan malas untuk mempelajari matematika. Selanjutnya didukung oleh para pendidik yang kurang cocok dalam memilih pendekatan dalam penyajian materi pembelajaran. Penggunaan pendekatan pembelajaran ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Ada banyak pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran diantaranya yaitu pendekatan pembelajaran visual, auditorial dan kinestetik. Ketiga pendekatan pembelajaran ini memiliki hubungan erat dengan gaya belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran visual, auditorial dan kinestetik pada pokok bahasan volume kubus dan balok kelas VIII MTs AL-GHOZALIYAH Senori Tuban. Jenis penelitian ini adalah komparatif yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran visual, auditorial dan kinestetik pada pokok bahasan volume kubus dan balok. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs AL-GHOZALIYAH Senori Tuban tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 40 peserta didik dan terbagi kedalam 2 kelas. Sampel penelitian yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs AL-GHOZALIYAH Senori Tuban yang dibagi menjadi 3 kelas yang telah disesuaikan dengan gaya belajar mereka, yaitu 7 peserta didik sebagai kelas pendekatan pembelajaran visual, 15 peserta didik sebagai kelas pendekatan pembelajaran auditorial dan 18 peserta didik sebagai kelas pendekatan pembelajaran kinestetik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode tes dengan instrumen penelitiannya lembar angket dan lembar tes. Berdasarkan uji Kruskal Wallis (Uji H) didapatkan bahwa nilai signifikan < 0,05, artinya ada perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran visual, auditorial dan kinestetik pada pokok bahasan volume kubus dan balok kelas VIII MTs AL-GHOZALIYAH Senori Tuban.