PENERAPAN PEMBELAJARAN GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII B MTs NEGERI GRESIK
Daftar Isi:
- Dalam kegiatan belajar mengajar, penggunaan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mempermudah siswa dalam mempelajari geometri adalah dengan model pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, tingkat berpikir siswa dan motivasi siswa pada penerapan pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat di kelas VII B MTs Negeri Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah diskriptif, karena peneliti berusaha mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran geometri, tingkat berpikir siswa dan motivasi siswa pada penerapan pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas VII B karena sesuai dengan materi pada pelaksanaan penelitian dan saran dari guru yang tepat untuk melakukan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian pada penerapan pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS, maka pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat di kelas VII B MTs Negeri Gresik adalah baik, untuk tingkat berpikir siswa kelas VII B MTs Negeri Gresik setelah penerapan pembelajaran Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat secara berturut-turut adalah 36,84%, 39,47, dan 0% responden pada tingkat visualisasi, analisis, dan abstraksi, sedangkan untuk motivasi siswa selama penerapan pembelajaran Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat di kelas VII B MTs Negeri Gresik adalah baik.