HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DENGAN TINGKAT MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA
Main Author: | FATMAWATI, NENIY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/2831/1/bab%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/2831/2/bab%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/2831/3/bab%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/2831/4/bab%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/2831/5/bab%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/2831/ http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--neniyfatma-1717&q=NENIY%20FATMAWATI |
Daftar Isi:
- Minat belajar yang dimiliki oleh siswa tidak lepas dari faktor sekolah sebagai lingkungan belajar, karena minat berkaitan dengan kepuasan yang dimiliki siswa terhadap sekolahnya. Hurlock (1999:141-142) mengemukakan bahwa terdapat berbagai cara anak menunjukkan sikap mereka terhadap sekolah ketika sekolah mereka pandang sebagai hal yang tidak menguntungkan, beberapa diantaranya dapat dilihat dari merosotnya minat yang menimbulkan kebosanan,dan prestasi yang menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan guru dalam mengajar dengan tingkat minat belajar siswa pada pelajaran matematika. Angket ini menggunakan skala likert dengan pilihan jawaban serta skor yang mempunyai empat pilihan jawaban, yakni SS (sangat sesuai), S (sesuai), TS (tidak sesuai), dan STS (sangat tidak sesuai). Data dari kedua variabel diolah dengan teknik korelasi Rank Spearman dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa besarnya koefisien korelasi antara variabel persepsi siswa terhadap keterampilan Guru dalam mengajar (X) dengan variabel tingkat minat belajar siswa pada pelajaran matematika (Y) dihasilkan, r = 0,942, p = 0,000, taraf signifikan p < 0,05, dan df = n - 2 = 84 -2 = 82 dengan pengujian dua arah dapat diperoleh harga r tabel =0,212 . Hasil tersebut menggambarkan bahwa r hitung > r tabel (0,942 > 0,212) maka Ho ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap keterampilan Guru dalam mengajar dengan tingkat minat belajar siswa pada pelajaran matematika pada siswa SMP Negeri 2 Manyar Gresik. Koefisien determinasi (r2) dari r = 0,9422 = 0,887. Artinya, r2 = 0,887 (89%) menginformasikan bahwa sumbangan persepsi siswa terhadap keterampilan Guru dalam mengajar dengan tingkat minat belajar siswa pada pelajaran matematika sebesar 89%. Sedangkan sisanya 11% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.