ANALISIS AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MEMPUNYAI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA, KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DI MATERI STATISTIK DI KELAS XI IPS MA ASSA’IDIYAH TANGGUL REJO MANYAR
Main Author: | Hikmah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/2812/1/Abstrak%202.pdf http://eprints.umg.ac.id/2812/2/05%20BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/2812/3/06%20BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/2812/4/07%20BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/2812/5/08%20BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/2812/6/09%20BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/2812/7/10%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umg.ac.id/2812/ |
Daftar Isi:
- Pada materi Statistik peserta didik dituntut untuk memiliki berbagai kecerdasan, seperti halnya kecerdasan menghitung, menggambar diagram, mencari data dalam kehidupan sehari-hari. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik yang mempunyai kecerdasan logika matematika, kecerdasan visual spasial, dan kecerdasan interpersonal pada Materi Statistik Di Kelas XI IPS MA Assa’idiyah Tanggul Rejo Manyar Gresik. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan sampel 6 peserta didik yang di ambil melalui tes kecerdasan dengan perincian masing-masing 2 peserta didik yang dominan di kecerdasan logika matematika, 2 peserta didik yang dominan di kecerdasan visual spasial dan 2 peserta didik yang dominan di kecerdasan interpersonal di kelas XI IPS MA Assa’idiyah Tanggul Rejo Manyar Gresik. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas peserta didik yang mempunyai kecerdasan logika matematika cenderung suka menghitung melibatkan angka, urutan, pengukuran dan perkiraan. Sedangkan visual spasial cenderung mampu mendiskripsikan tabel maupun grafik statistik kedalam teks tulisan serta lebih cermat dan teliti dalam mengerjakan pekerjaannya. Dan interpersonal cenderung dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan mendiskusikannya jika dia tidak memahaminya, serta memotivasi temannya untuk bertanya. Sedangkan hasil belajar peserta didik di katakana tuntas.