PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTU ALAT PERAGA MATERI JARING-JARING LIMAS DI KELAS VIII SMP DARUL ISLAM GRESIK

Main Author: Muawanah, Zahrotul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/2810/1/abstrak%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2810/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2810/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2810/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2810/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2810/6/BAB%20V%20new.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2810/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2810/
Daftar Isi:
  • Pada umumnya, proses pembelajaran matematika masih terpusat pada guru. Guru sangat mendominasi proses belajar mengajar. Guru hanya menggunakan cara pengajaran dengan menjelaskan materi pelajaran dan memberikan tugas tanpa melakukan pengembangan variasi mengajar. Hal ini menyebabkan peserta didik merasa jenuh, membosankan dan kurang aktif dalam belajarnya. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yang dapat membantu keaktifan peserta didik dalam belajarnya yaitu model Problem Based Instruction dan model Direct Instruction. Dalam pelaksanaannya guru menggunakan bantuan alat peraga. Alat peraga berfungsi untuk menyajikan konsep matematika yang abstrak dalam bentuk kongkret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dan model instruksi langsung dibantu alat peraga dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian adalah penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Darul Islam Gresik Tahun Ajaran 2011-2012. Sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak 57 peserta didik (dua kelas) yang sebelumnya diuji homogenitas dari 87 peserta didik lalu dipilih dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah soal tes hasil belajar peserta didik yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelas bedistribusi normal sehingga analisis data uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t, berdasarkan uji-t diperoleh bahwa nilai sig = 0,682 lebih besar dari pada taraf signifikan 0,05 sehingga berada pada daerah penerimaan Ho, artinya hasil belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran Model Problem Based Instruction tidak berbeda dengan hasil belajar peserta didik yang memperoleh Model Direct Instruction yang mana kedua model pembelajaran tersebut berbantu alat peraga.