PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA POKOK BAHASAN KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN PESERTA DIDIK KELAS IX MTs MIFTAHUL ULUM PEGANDEN MANYAR GRESIK
Daftar Isi:
- Dalam dunia pendidikan, matematika merupakan salah satu pelajaran yang harus diajarkan dengan baik dan diterima semua peserta didik karena matematika membawa misi yang sangat penting yaitu sebagai salah satu bagian penting untuk mendukung ketercapaian tujuan pendidikan nasional. Namun, pada kenyataannya di sekolah masih banyak ditemukan adanya masalah yaitu rendahnya prestasi belajar matematika.. Dalam mata pelajaran matematika, metode pembelajaran yang masih sering digunakan cenderung menyebabkan peserta didik menjadi pasif dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTs Miftahul Ulum Peganden Manyar Gresik yang berjumlah 22 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes dan metode angket. Hasil analisa data yang diperoleh, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan quantum teaching termasuk dalam kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan quantum teaching termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik secara klasikal setelah diterapkan pembelajaran menggunakan quantum teaching adalah tuntas. Respon peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menggunakan quantum teaching termasuk dalam kategori baik.