PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN PERMAINAN MENCARI JEJAK (MAZE) PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI
Main Author: | UTOMO, RIZKY RIDHO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/2538/1/BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/2538/2/BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/2538/3/BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/2538/4/BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/2538/5/BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/2538/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umg.ac.id/2538/ http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--rizkyridho-2888&q=RIZKY%20RIDHO%20UTOMO |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, respon peserta didik dan hasil belajar peserta didik terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan permainan mencari jejak (Maze) pada kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Giri Gresik. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik di kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Giri Gresik yang berjumlah 25 peserta didik dengan pertimbangan dari guru mata pelajaran karena nilai pseserta didik kelas VII A yang masih kurang memuaskan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) aktivitas guru di dalam proses pembelajaran memiliki nilai 3,1 yang masuk katagori baik (B); (2) peserta didik aktif terlibat dalam proses pembelajaran, dalam penilaian termasuk katagori baik (B) dengan nilai 3,2; (3) respon peserta didik baik, dengan persentase angket dengan nilai positif sebanyak 77,27% dan termasuk ke dalam predikat baik (B); (4) ketuntasan klasikal sebanyak 63,63% sehingga tes hasil belajar peserta didik tidak tuntas.