Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, respon peserta didik dan hasil belajar peserta didik terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan permainan mencari jejak (Maze) pada kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Giri Gresik. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik di kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Giri Gresik yang berjumlah 25 peserta didik dengan pertimbangan dari guru mata pelajaran karena nilai pseserta didik kelas VII A yang masih kurang memuaskan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) aktivitas guru di dalam proses pembelajaran memiliki nilai 3,1 yang masuk katagori baik (B); (2) peserta didik aktif terlibat dalam proses pembelajaran, dalam penilaian termasuk katagori baik (B) dengan nilai 3,2; (3) respon peserta didik baik, dengan persentase angket dengan nilai positif sebanyak 77,27% dan termasuk ke dalam predikat baik (B); (4) ketuntasan klasikal sebanyak 63,63% sehingga tes hasil belajar peserta didik tidak tuntas.