PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN TIPE JIGSAW II POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 1 MANYAR

Main Author: ROHMAH, SAKINATUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/2510/1/8.%20ABSTRAK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2510/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2510/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2510/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2510/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2510/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2510/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2510/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan hal yang menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Saat ini, pendidikan diberikan kepada manusia tanpa ada batas waktu dan usia. Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini nampak rata hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih sangat memprihatinkan. Prestasi ini tentunya merupakan hasil kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak menyentuh ranah dimensi peserta didik itu sendiri, yaitu bagaimana sebenarnya belajar itu (belajar untuk belajar). Oleh karena itu peneliti ingin membandingkan dua model pembelajaran yang sebelumnya sudah terbukti lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dan ingin mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar diantara kedua model pembelajaran tersebut apabila diujicobakan di SMPN 1 MANYAR. Kedua model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe Jigsaw II. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe Jigsaw II materi Perkalian Bilangan Bulat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 MANYAR tahun pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 191 peserta didik dan terbagi dalam 7 kelas reguler yaitu kelas VIIIC-VIIII. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIIIG sebagai kelas TPS dan kelas VIIIH sebagai kelas Jigsaw II dengan menggunakan teknik random sampling sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan instrumen penelitian adalah lembar tes. Dari hasil analisis data uji homogenitas diperoleh bahwa ketujuh kelas berasal dari populasi yang homogen, dari hasil analisa data uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelas tidak berdistribusi normal maka teknik analisa yang digunakan adalah uji Kruskal Wallis. Berdasarkan uji Kruskal Wallis didapatkan nilai sig0,692 sehingga sig ≥ 0,05. Artinya tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara model pemebelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe Jigsaw II pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII SMPN 1 MANYAR.