PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NU 2 GRESIK

Main Author: APRILIANDANI, RIRIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/2483/1/BAB%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2483/2/BAB%20II%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2483/3/BAB%20III%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2483/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2483/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2483/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--ririnapril-2747&q=RIRIN%20APRILIANDANI
ctrlnum 2483
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/2483/</relation><title>PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NU 2 GRESIK</title><creator>APRILIANDANI, RIRIN</creator><subject>Mathematic Education</subject><description>Problem yang sering dialami pendidik ketika melakukan proses belajar mengajar terlihat ketika pendidik menyampaikan materi namun peserta didik terlihat lesu, pendiam dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan. Sehingga peserta didik tidak melakukan aktivitas belajar sepenuhnya. Salah satu cara yang harus ditempuh yaitu dengan menumbuhkan motivasi belajar, melalui pemberian reward dan punishment yang mendidik diharap dapat menumbuhakan motivasi belajar peserta didik. Pemberian reward dan punishment akan memberikan pengaruh pada peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP NU 2 Gresik&#xD; Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP NU 2 Gresik yang berjumlah 53 peserta didik, dan sampel penelitian sebanyak 53 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar. Angket diberikan pada dua kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran tanpa penguat (reinforcement) dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan penguat (reinforcement) dalam bentuk pemberian reward dan punishment.&#xD; Hasil analisis data uji homogenitas menunjukkan bahwa data berasal dari populasi yang homogen, dan dari analisis data uji normalitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal sehingga analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji-t Dua Sampel Independen. Berdasarkan Uji-t Dua Sampel Independen diperoleh bahwa nilai sig = 0,031&lt;0,05artinya motivasi belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran dengan penguat (reinforcement) dalam bentuk pemberian reward dan punishment lebih baik dari motivasi peserta didik yang menggunakan pembelajaran tanpa penguat (reinforcement).</description><date>2016-04-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2483/1/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2483/2/BAB%20II%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2483/3/BAB%20III%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2483/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2483/5/BAB%20V.pdf</identifier><identifier> APRILIANDANI, RIRIN (2016) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NU 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><relation>http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&amp;op=read&amp;id=jipptumg--ririnapril-2747&amp;q=RIRIN%20APRILIANDANI</relation><recordID>2483</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author APRILIANDANI, RIRIN
title PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NU 2 GRESIK
publishDate 2016
topic Mathematic Education
url http://eprints.umg.ac.id/2483/1/BAB%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2483/2/BAB%20II%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2483/3/BAB%20III%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2483/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2483/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2483/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--ririnapril-2747&q=RIRIN%20APRILIANDANI
contents Problem yang sering dialami pendidik ketika melakukan proses belajar mengajar terlihat ketika pendidik menyampaikan materi namun peserta didik terlihat lesu, pendiam dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan. Sehingga peserta didik tidak melakukan aktivitas belajar sepenuhnya. Salah satu cara yang harus ditempuh yaitu dengan menumbuhkan motivasi belajar, melalui pemberian reward dan punishment yang mendidik diharap dapat menumbuhakan motivasi belajar peserta didik. Pemberian reward dan punishment akan memberikan pengaruh pada peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP NU 2 Gresik Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP NU 2 Gresik yang berjumlah 53 peserta didik, dan sampel penelitian sebanyak 53 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar. Angket diberikan pada dua kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran tanpa penguat (reinforcement) dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan penguat (reinforcement) dalam bentuk pemberian reward dan punishment. Hasil analisis data uji homogenitas menunjukkan bahwa data berasal dari populasi yang homogen, dan dari analisis data uji normalitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal sehingga analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji-t Dua Sampel Independen. Berdasarkan Uji-t Dua Sampel Independen diperoleh bahwa nilai sig = 0,031<0,05artinya motivasi belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran dengan penguat (reinforcement) dalam bentuk pemberian reward dan punishment lebih baik dari motivasi peserta didik yang menggunakan pembelajaran tanpa penguat (reinforcement).
id IOS13350.2483
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:53:09Z
last_indexed 2020-03-24T07:53:09Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686664570912899072
score 17.538404