PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI SNOWBALL THROWING PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII-A SMP ISLAMIC QON GRESIK
Main Author: | AISYAH, DEWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/2474/1/BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/2474/2/BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/2474/3/BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/2474/4/BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/2474/5/BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/2474/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umg.ac.id/2474/ http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--dewiaisyah-1737&q=DEWI%20AISYAH |
Daftar Isi:
- Selama kegiatan belajar mengajar, pendidik dan peserta didik menjadi dua komponen yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Hubungan ini terjadi manakala adanya interaksi dan komunikasi timbal balik. Namun, bukan hal yang mudah antara pendidik dan peserta didik untuk berinteraksi dan berkomunikasi termasuk pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran matematika, kebanyakan peserta didik tidak berani atau ragu untuk langsung bertanya mengenai kesulitan mereka dalam memahami materi. Untuk mengatasi masalah ini, perlu diterapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam menyampaikan permasalahan mereka. Salah satunya adalah pembelajaran aktif dengan strategi snowball throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam membuat dan menjawab pertanyaan, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran aktif dengan strategi snowball throwing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-A SMP Islamic Qon Gresik yang berjumlah 28 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, pengamatan dan tes. Instrumen penelitian terdiri dari lembar kerja peserta didik, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, dan soal tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan peserta didik membuat dan menjawab pertanyaan dalam pembelajaran aktif dengan strategi snowball throwing termasuk dalam kategori baik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, dan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai.