PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 GRESIK
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 70 peserta didik, sedangkan sampel penelitian sebanyak 60 peserta didik. Dalam hal pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan cara undian. Cara undian dilakukan karena populasi penelitian berasal dari varians yang homogen sehingga dalam pengambilan sampelnya menggunakan teknik proporsional simple random sampling. Dalam metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan tes. Cara dokumentasi dalam penelitian ini adalah meminta nilai UTS kelas VII semester ganjil yang digunakan untuk uji homogenitas dan nilai UAS semester ganjil yang sebagai nilai hasil belajar, sedangkan tes dilakukan untuk mendapatkan nilai kecerdasan logis-matematis yang digunakan untuk menguji hipotesis kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil penghitungan menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 59.609 + 0,192 Xi. Dari hasil uji F didapatkan nilai 0,004, sehingga <α (α = 0,05), maka diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh antara kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik tahun ajaran 2014-2015.