Daftar Isi:
  • Pelajaran matematika sering kali dianggap sulit dan kurang diminati oleh peserta didik, maka guru diharapkan dapat memberikan situasi yang menyenangkan. Pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini sangat cepat, salah satunya smartphone dan gadget. Smartphone dan gadget bukan merupakan barang yang mewah bagi peserta didik. Namun, penggunaannya kurang maksimal dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media yang yang berbasis android yang bisa dijalankan di komputer, smartphone, atau gadget yaitu kamus elektronik matematika berbasis android dengan tujuan agar memotivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media kamus elektronik matematika berbasis android. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model 4D Thiagarajan termodifikasi. Tiga tahap yang dilakukan pada penelitian ini adalah Define (pendefinisian), Design (perencanaan), dan Develop (pengembangan). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan memvalidasi kepada para ahli, memberikan angket kepada peserta didik terhadap respon media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media yang dilakukan peneliti menentukankan media yang dikembangkan menghasilkan media yang valid dan praktis setelah melakukan vaidasi ke para validator, rata-rata nilai hasil validasi yaitu 85,45% dengan kategori valid, ketuntasan belajar klasikal terpenuhi dan respon peserta didik sebesar 71,64%. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.