PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK DI SMP MUHAMMADIYAH 07 CERME GRESIK

Main Author: MAGHFIROH, LAILATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/2466/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2466/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2466/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2466/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2466/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2466/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2466/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--lailatulma-1766&q=LAILATUL%20MAGHFIROH
Daftar Isi:
  • Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan belajar adalah motivasi. Suatu metode pembelajaran yang memungkinkan timbulnya motivasi dalam belajar adalah guided discovery learning, yaitu suatu metode pembelajaran dimana peserta didik dituntut secara aktif untuk dapat menemukan sendiri suatu konsep atau rumus dengan bimbingan guru. Dengan metode pembelajaran tersebut diharapkan peserta didik memiliki motivasi dalam proses pembelajaran sehingga nantinya akan mempengaruhi hasil belajarnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran guided discovery learning materi pokok kubus dan balok di SMP Muhammadiyah 07 Cerme Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Cerme yang terbagi menjadi empat kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII B yang dipilih dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket dan tes. Lembar angket telah di uji validitas dan reliabilitasnya dikelas VIII D. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil perhitungan menunjukkan persamaan regresi Y = 54,997 + 0,432 X. Dari hasil uji F terlihat nilai pada kolom sig yaitu 0,042 sehingga sig < α (0,05) artinya ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran guided discovery learning. Dari penentuan koefisien korelasi diperoleh R = 0,373, artinya derajat hubungan yang lemah antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik, sedangkan koefisien determinasi variabel X terhadap variabel Y = 0,139, artinya sekitar 14 % variabel X (motivasi belajar) mempengaruhi perubahan variabel Y (hasil belajar), sedangkan sisanya 86 % dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan.