Daftar Isi:
  • Salah satu masalah dalam pengimplementasian kurikulum adalah rendahnya minat belajar peserta didik. Minat belajar ini sangat dibutuhkan peserta didik pada keseluruhan preoses pembelajaran. Untuk itu guru perlu mengelola pembelajaran dan mengembangkan bentuk-bentuk sumber belajar sehingga pembelajaran bisa efektif. Salah satu sumber belajar yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbentuk komik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbentuk komik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan “One Shot Case Study”. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A SMP Semen Gresik yang berjumlah 24 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan instrumen penelitian lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar aktivitas peserta didik dan soal tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan skor 94,87, aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran dikatakan aktif dengan persentase 71,335% dan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal tidak tercapai dengan persentase 25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbentuk komik pada materi pokok aritmatika sosial kelas VII-A SMP Semen Gresikdinyatakan tidak efektif.