PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII-C SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME
Daftar Isi:
- Saat ini, sebagian besar guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran matematika. Akibatnya selama pembelajaran peserta didik menjadi pasif dan sulit memahami konsep yang sedang dipelajari. Selain itu, penyebab kesulitan belajar peserta didik lainnya adalah karena sifat matematika yang abstrak. Peserta didik cenderung belum bisa menerima hal-hal yang bersifat abstrak dan hanya bisa menerima sesuatu hal yang nyata atau suatu hal yang dihubungkan dengan obyek nyata. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran REACT pada materi teorema Pythagoras dengan rancangan penelitian “One Shot Case Study”. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 7 Cerme yang berjumlah 29 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengamatan dan tes dengan instrumen penelitian terdiri dari lembar pengamatan kemampuan guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan lembar soal tes hasil belajar. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran REACT pada materi teorema Pythagoras dapat dikatakan baik karena rata-rata keseluruhan pertemuan adalah 79,7; (2) aktivitas peserta didik yang aktif adalah 51,72%; (3) ketuntasan belajar secara klasikal tercapai dengan 75,86%.