ctrlnum 2447
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/2447/</relation><title>PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MODEL&#xD; PEMBELAJARAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA GEOBOARD&#xD; DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR&#xD; PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII MTS NURUL ISLAM&#xD; PONGANGAN</title><creator>Fahmi, Mohammad</creator><subject>Education</subject><subject>Mathematic Education</subject><description>Interaksi belajar mengajar yang baik adalah guru yang tidak mendominasi&#xD; di kelas, tetapi membantu menciptakan kondisi yang kondusif serta memberikan&#xD; motivasi dan bimbingan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dan&#xD; kreativitasnya melalui kegiatan belajar. Oleh karena itu dalam proses&#xD; pembelajaran, faktor keaktifan sebagai subjek belajar sangat menentukan.&#xD; Sementara itu, sebagian peserta didik beranggapan bahwa pelajaran matematika&#xD; merupakan pelajaran yang dianggap sulit. Hal inilah yang menjadikan mereka&#xD; takut dan malas untuk belajar matematika.&#xD; Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengurangi rasa takut&#xD; peserta didik pada pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan suatu&#xD; model pembelajaran. Pembelajaran CTL menggunakan media Geoboard dan&#xD; Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR merupakan model pembelajaran inovatif yang&#xD; digunakan.&#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil&#xD; belajar peserta didik antara pembelajaran CTL menggunakan media geoboard&#xD; dengan pembelajaran kooperatif tipe AIR pada materi jenis-jenis segitiga&#xD; berdasarkan sisi dan sudutnya di kelas VII MTs Nurul Islam Pongangan. Jenis&#xD; penelitian ini adalah jenis penelitian komparatif. Sampel penelitian adalah kelas&#xD; VII C dan VII D MTs Nurul Islam Pongangan. Dari data yang terkumpul dan&#xD; diadakan analisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan&#xD; uji-t dua sampel independen dan didapatkan nilai sig = 0,023 &lt; dari &#x3B1; = 0,05&#xD; pada table Levenne&#x2019;s Test uji hipotesis. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan&#xD; hasil belajar peserta didik antara menggunakan pembelajaran CTL meggunakan&#xD; media Geoboard dengan pembelajaran Kooperatif tipe AIR pada materi segitiga&#xD; kelas VII C dan VII D MTs Nurul Islam Pongangan.</description><date>2015-08-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/2/3BAB%20I%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/3/4BAB%20II%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/4/5BAB%20III%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/5/6BAB%20IV%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/6/7BAB%20V%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/7/7DAFTAR%20PUSTAK.pdf</identifier><identifier> Fahmi, Mohammad (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MODEL PEMBELAJARAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA GEOBOARD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII MTS NURUL ISLAM PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><relation>http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&amp;op=read&amp;id=jipptumg--mohammadfa-1836&amp;q=PERBANDINGAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CTL%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20GEOBOARD%20DENGAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20AIR%20PADA%20MATERI%20SEGITIGA%20DI%20KELAS%20VII%20MTS%20NURUL%20ISLAM%20PONGANGAN</relation><recordID>2447</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fahmi, Mohammad
title PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MODEL PEMBELAJARAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA GEOBOARD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII MTS NURUL ISLAM PONGANGAN
publishDate 2015
topic Education
Mathematic Education
url http://eprints.umg.ac.id/2447/1/Abstrak.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2447/2/3BAB%20I%20asli.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2447/3/4BAB%20II%20asli.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2447/4/5BAB%20III%20asli.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2447/5/6BAB%20IV%20asli.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2447/6/7BAB%20V%20asli.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2447/7/7DAFTAR%20PUSTAK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2447/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--mohammadfa-1836&q=PERBANDINGAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CTL%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20GEOBOARD%20DENGAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20AIR%20PADA%20MATERI%20SEGITIGA%20DI%20KELAS%20VII%20MTS%20NURUL%20ISLAM%20PONGANGAN
contents Interaksi belajar mengajar yang baik adalah guru yang tidak mendominasi di kelas, tetapi membantu menciptakan kondisi yang kondusif serta memberikan motivasi dan bimbingan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya melalui kegiatan belajar. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, faktor keaktifan sebagai subjek belajar sangat menentukan. Sementara itu, sebagian peserta didik beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit. Hal inilah yang menjadikan mereka takut dan malas untuk belajar matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengurangi rasa takut peserta didik pada pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan suatu model pembelajaran. Pembelajaran CTL menggunakan media Geoboard dan Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR merupakan model pembelajaran inovatif yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara pembelajaran CTL menggunakan media geoboard dengan pembelajaran kooperatif tipe AIR pada materi jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya di kelas VII MTs Nurul Islam Pongangan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian komparatif. Sampel penelitian adalah kelas VII C dan VII D MTs Nurul Islam Pongangan. Dari data yang terkumpul dan diadakan analisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independen dan didapatkan nilai sig = 0,023 < dari α = 0,05 pada table Levenne’s Test uji hipotesis. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan pembelajaran CTL meggunakan media Geoboard dengan pembelajaran Kooperatif tipe AIR pada materi segitiga kelas VII C dan VII D MTs Nurul Islam Pongangan.
id IOS13350.2447
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:53:09Z
last_indexed 2020-03-24T07:53:09Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686664570102349824
score 17.538404