PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MODEL PEMBELAJARAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA GEOBOARD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII MTS NURUL ISLAM PONGANGAN
ctrlnum |
2447 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/2447/</relation><title>PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MODEL
PEMBELAJARAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA GEOBOARD
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR
PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII MTS NURUL ISLAM
PONGANGAN</title><creator>Fahmi, Mohammad</creator><subject>Education</subject><subject>Mathematic Education</subject><description>Interaksi belajar mengajar yang baik adalah guru yang tidak mendominasi
di kelas, tetapi membantu menciptakan kondisi yang kondusif serta memberikan
motivasi dan bimbingan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dan
kreativitasnya melalui kegiatan belajar. Oleh karena itu dalam proses
pembelajaran, faktor keaktifan sebagai subjek belajar sangat menentukan.
Sementara itu, sebagian peserta didik beranggapan bahwa pelajaran matematika
merupakan pelajaran yang dianggap sulit. Hal inilah yang menjadikan mereka
takut dan malas untuk belajar matematika.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengurangi rasa takut
peserta didik pada pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan suatu
model pembelajaran. Pembelajaran CTL menggunakan media Geoboard dan
Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR merupakan model pembelajaran inovatif yang
digunakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar peserta didik antara pembelajaran CTL menggunakan media geoboard
dengan pembelajaran kooperatif tipe AIR pada materi jenis-jenis segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya di kelas VII MTs Nurul Islam Pongangan. Jenis
penelitian ini adalah jenis penelitian komparatif. Sampel penelitian adalah kelas
VII C dan VII D MTs Nurul Islam Pongangan. Dari data yang terkumpul dan
diadakan analisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan
uji-t dua sampel independen dan didapatkan nilai sig = 0,023 < dari α = 0,05
pada table Levenne’s Test uji hipotesis. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan
hasil belajar peserta didik antara menggunakan pembelajaran CTL meggunakan
media Geoboard dengan pembelajaran Kooperatif tipe AIR pada materi segitiga
kelas VII C dan VII D MTs Nurul Islam Pongangan.</description><date>2015-08-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/2/3BAB%20I%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/3/4BAB%20II%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/4/5BAB%20III%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/5/6BAB%20IV%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/6/7BAB%20V%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2447/7/7DAFTAR%20PUSTAK.pdf</identifier><identifier> Fahmi, Mohammad (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MODEL PEMBELAJARAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA GEOBOARD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII MTS NURUL ISLAM PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><relation>http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--mohammadfa-1836&q=PERBANDINGAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CTL%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20GEOBOARD%20DENGAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20AIR%20PADA%20MATERI%20SEGITIGA%20DI%20KELAS%20VII%20MTS%20NURUL%20ISLAM%20PONGANGAN</relation><recordID>2447</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fahmi, Mohammad |
title |
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MODEL
PEMBELAJARAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA GEOBOARD
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR
PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII MTS NURUL ISLAM
PONGANGAN |
publishDate |
2015 |
topic |
Education Mathematic Education |
url |
http://eprints.umg.ac.id/2447/1/Abstrak.pdf http://eprints.umg.ac.id/2447/2/3BAB%20I%20asli.pdf http://eprints.umg.ac.id/2447/3/4BAB%20II%20asli.pdf http://eprints.umg.ac.id/2447/4/5BAB%20III%20asli.pdf http://eprints.umg.ac.id/2447/5/6BAB%20IV%20asli.pdf http://eprints.umg.ac.id/2447/6/7BAB%20V%20asli.pdf http://eprints.umg.ac.id/2447/7/7DAFTAR%20PUSTAK.pdf http://eprints.umg.ac.id/2447/ http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--mohammadfa-1836&q=PERBANDINGAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CTL%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20GEOBOARD%20DENGAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20AIR%20PADA%20MATERI%20SEGITIGA%20DI%20KELAS%20VII%20MTS%20NURUL%20ISLAM%20PONGANGAN |
contents |
Interaksi belajar mengajar yang baik adalah guru yang tidak mendominasi
di kelas, tetapi membantu menciptakan kondisi yang kondusif serta memberikan
motivasi dan bimbingan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dan
kreativitasnya melalui kegiatan belajar. Oleh karena itu dalam proses
pembelajaran, faktor keaktifan sebagai subjek belajar sangat menentukan.
Sementara itu, sebagian peserta didik beranggapan bahwa pelajaran matematika
merupakan pelajaran yang dianggap sulit. Hal inilah yang menjadikan mereka
takut dan malas untuk belajar matematika.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengurangi rasa takut
peserta didik pada pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan suatu
model pembelajaran. Pembelajaran CTL menggunakan media Geoboard dan
Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR merupakan model pembelajaran inovatif yang
digunakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar peserta didik antara pembelajaran CTL menggunakan media geoboard
dengan pembelajaran kooperatif tipe AIR pada materi jenis-jenis segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya di kelas VII MTs Nurul Islam Pongangan. Jenis
penelitian ini adalah jenis penelitian komparatif. Sampel penelitian adalah kelas
VII C dan VII D MTs Nurul Islam Pongangan. Dari data yang terkumpul dan
diadakan analisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan
uji-t dua sampel independen dan didapatkan nilai sig = 0,023 < dari α = 0,05
pada table Levenne’s Test uji hipotesis. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan
hasil belajar peserta didik antara menggunakan pembelajaran CTL meggunakan
media Geoboard dengan pembelajaran Kooperatif tipe AIR pada materi segitiga
kelas VII C dan VII D MTs Nurul Islam Pongangan. |
id |
IOS13350.2447 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Gresik |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptma.onesearch.id dpr.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
737 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik |
library_id |
758 |
collection |
Muhammadiyah University of Gresik |
repository_id |
13350 |
city |
GRESIK |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13350 |
first_indexed |
2020-03-24T07:53:09Z |
last_indexed |
2020-03-24T07:53:09Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1686664570102349824 |
score |
17.538404 |