EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT KELAS X-MIA 1 SMA NEGERI 1 KEBOMAS GRESIK

Main Author: LAILY, NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/2444/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2444/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2444/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2444/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2444/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2444/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2444/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--nurlaily-2566&q=NUR%20LAILY
Daftar Isi:
  • Penerapan Kurikulum 2013 sebagai perbaikan dari kurikulum KTSP diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ada banyak komponen yang melekat pada Kurikulum 2013 dan yang paling menonjol adalah pendekatan dan model pembelajarannya. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengisyaratkan tentang perlunya proses pembelajaran yang dipandu dengan kaidah ilmiah (saintifik). Pendekatan saintifik adalah suatu pendekatan ilmiah dimana dalam proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat diterapkan dalam tiga model pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran berbasis masalah. Persamaan dan fungsi kuadrat adalah salah satu materi matematika yang didalamnya banyak memuat permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan dan fungsi kuadrat kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Kebomas Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian one shot case study. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Kebomas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan pengelolaan kelas, lembar pengamatan penilaian sikap, lembar penilaian pengetahuan, lembar penilaian keterampilan, dan lembar angket respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan analisis data dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan dan fungsi kuadrat kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Kebomas Gresik adalah efektif karena telah memenuhi semua kriteria keefektifan yang telah ditentukan.