PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN KELAS III SD NEGERI 2 SIDOMORO GRESIK

Main Author: KRISNAWATI, NIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/2443/1/BAB%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/2/BAB%202.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/3/BAB%203.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/5/BAB%204.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/4/BAB%205.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/6/daftar%20pustaka.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--niakrisnaw-2567&q=NIA%20KRISNAWATI
ctrlnum 2443
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/2443/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN KELAS III SD NEGERI 2 SIDOMORO GRESIK</title><creator>KRISNAWATI, NIA</creator><subject>Mathematic Education</subject><description>Masalah utama pada penelitian ini adalah perlu dilakukan perbaikan proses pembelajaran pada peserta didik kelas III dengan menerapkan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum di Sekolah Dasar. Model yang akan diterapkan dalam perkembangan anak adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Berdasarkan observasi di kelas III SDN 2 Sidomoro Gresik bahwa dalam proses pembelajaran matematika di kelas masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan. Langkah-langkahmodel pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)yaitu guru menyiapkan kelompok, menyajikan permasalahan, dan mendiskusikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)pada materi operasi hitung bilangan di SDN 2 Sidomoro Gresik.&#xD; Berdasarkan observasi pra siklus hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika masih rendah, ditandai dengan masih rendahnya prosentase aktivitas dan ketuntasan peserta didik perlu ditingkatkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada materi operasi hitung bilangan kelas III SD Negeri 2 Sidomoro Gresik.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN 2 Sidomoro Gresik tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri dari 23 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik&#xD; Hasil penelitian pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) menunjukkan bahwa proses pembelajaran kelas III SDN 2 Sidomoro Gresik yaitu aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan, pada tes hasil belajar mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I yang dapat menguasai materi pelajaran lebih dari 86,95%.&#xD; Pencapaian hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)di kelas dalam standar kompetensi &#x201C;Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan Tiga Angka&#x201D; pada peserta didik Kelas III Semester I di SDN 2 Sidomoro Gresikdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.</description><date>2015-08-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2443/1/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2443/2/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2443/3/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2443/5/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2443/4/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2443/6/daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> KRISNAWATI, NIA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN KELAS III SD NEGERI 2 SIDOMORO GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><relation>http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&amp;op=read&amp;id=jipptumg--niakrisnaw-2567&amp;q=NIA%20KRISNAWATI</relation><recordID>2443</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author KRISNAWATI, NIA
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN KELAS III SD NEGERI 2 SIDOMORO GRESIK
publishDate 2015
topic Mathematic Education
url http://eprints.umg.ac.id/2443/1/BAB%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/2/BAB%202.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/3/BAB%203.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/5/BAB%204.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/4/BAB%205.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/6/daftar%20pustaka.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2443/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--niakrisnaw-2567&q=NIA%20KRISNAWATI
contents Masalah utama pada penelitian ini adalah perlu dilakukan perbaikan proses pembelajaran pada peserta didik kelas III dengan menerapkan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum di Sekolah Dasar. Model yang akan diterapkan dalam perkembangan anak adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Berdasarkan observasi di kelas III SDN 2 Sidomoro Gresik bahwa dalam proses pembelajaran matematika di kelas masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan. Langkah-langkahmodel pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)yaitu guru menyiapkan kelompok, menyajikan permasalahan, dan mendiskusikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)pada materi operasi hitung bilangan di SDN 2 Sidomoro Gresik. Berdasarkan observasi pra siklus hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika masih rendah, ditandai dengan masih rendahnya prosentase aktivitas dan ketuntasan peserta didik perlu ditingkatkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada materi operasi hitung bilangan kelas III SD Negeri 2 Sidomoro Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN 2 Sidomoro Gresik tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri dari 23 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik Hasil penelitian pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) menunjukkan bahwa proses pembelajaran kelas III SDN 2 Sidomoro Gresik yaitu aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan, pada tes hasil belajar mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I yang dapat menguasai materi pelajaran lebih dari 86,95%. Pencapaian hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)di kelas dalam standar kompetensi “Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan Tiga Angka” pada peserta didik Kelas III Semester I di SDN 2 Sidomoro Gresikdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
id IOS13350.2443
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:53:09Z
last_indexed 2020-03-24T07:53:09Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686664570049921024
score 17.538404