ctrlnum 2178
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/2178/</relation><title>IMPLEMENTASI METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN HETEROGENEOUS FLEET DAN TIME WINDOWS PADA PENDISTRIBUSIAN OXYFUEL&#xD; (Studi Kasus: PT. GREEN ENERGY NATURAL GAS )</title><creator>Najib, Muhammad Ainun</creator><subject>Industrial Engineering</subject><subject>Engineering</subject><description>Pendistribusian barang atau jasa merupakan salah satu bagian penting dari kegiatan sebuah perusahaan, yang sering&#xD; mengadakan pengambilan keputusan mengenai rute yang dapat mengoptimalkan biaya, waktu dan sumberdaya lain yang&#xD; tersedia. Masalah ini dapat diformulasikan secara matematis sebagai sebuah Vehicle Routing Problem (VRP).VRP merupakan&#xD; salah satu aplikasi dari teori graf dan optimasi kombinatorial yang mencakup penentuan sejumlah rute angkutan yang diawali&#xD; dan diakhiri disuatu tempat yang dinamakan depot untuk mendistribusikan barang kepada sekumpula pelanggan sesuai&#xD; permintaannya masing &#x2013; masing.Rute yang terbentuk harus mengunjungi setiap pelanggan tepat satu kali dan menghabiskan&#xD; biaya atau jarak tempuh yang seminimal miungkin.Salah satu variasi dari VRP adalah VRP time windows (VRPTW) yang&#xD; menambahkan kendala batasan selang waktu tertentu dalam melayani pelanggan, dan juga terdapat variasi lebih dari satu&#xD; jenis kendaraan dalam mendistribusikan satu produk tersebut (heterogeneous fleet).PT. Green Energy Natural Gas adalah&#xD; perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian gas alam yang sekarang ini melayani 87 pelanggan yang tersebar di&#xD; Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pendistribusian menggunakan dua jenis kendaraan yakni 17 unit long chases dan 15 unit colt&#xD; diesel. Rute awal yang terbentuk memerlukan biaya total Rp 53.053.100,- dengan total jarak tempuh kurang lebih 30.868 KM&#xD; setiap hari.Data pendistribusian awal tersebut perlu dilakukan pengoptimalan dalam mendistribusikan dengan menggunakan&#xD; metode Vehicle Routing Problem (Saving Matrix) dan Nearest Neighboar.Dari pengolahan menggunakan metode tersebut&#xD; dihasilkan 29 rute baru dengan total biaya pendistribusian Rp 32.616.750,00 dengan total jarak tempuh kurang lebih&#xD; 16.105KM setiap hari menggunakan kendaraan 17 unit jenis long chases dan 4 unit jenis colt diesel.</description><date>2017-04-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/1/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/2/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/3/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/4/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/5/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/6/BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Najib, Muhammad Ainun (2017) IMPLEMENTASI METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN HETEROGENEOUS FLEET DAN TIME WINDOWS PADA PENDISTRIBUSIAN OXYFUEL (Studi Kasus: PT. GREEN ENERGY NATURAL GAS ). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><relation>http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&amp;op=read&amp;id=jipptumg--muhammadai-2243&amp;q=Muhammad%20Ainun%20Najib</relation><recordID>2178</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Najib, Muhammad Ainun
title IMPLEMENTASI METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN HETEROGENEOUS FLEET DAN TIME WINDOWS PADA PENDISTRIBUSIAN OXYFUEL (Studi Kasus: PT. GREEN ENERGY NATURAL GAS )
publishDate 2017
topic Industrial Engineering
Engineering
url http://eprints.umg.ac.id/2178/1/BAB%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2178/2/BAB%202.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2178/3/BAB%203.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2178/4/BAB%204.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2178/5/BAB%205.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2178/6/BAB%206.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2178/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2178/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--muhammadai-2243&q=Muhammad%20Ainun%20Najib
contents Pendistribusian barang atau jasa merupakan salah satu bagian penting dari kegiatan sebuah perusahaan, yang sering mengadakan pengambilan keputusan mengenai rute yang dapat mengoptimalkan biaya, waktu dan sumberdaya lain yang tersedia. Masalah ini dapat diformulasikan secara matematis sebagai sebuah Vehicle Routing Problem (VRP).VRP merupakan salah satu aplikasi dari teori graf dan optimasi kombinatorial yang mencakup penentuan sejumlah rute angkutan yang diawali dan diakhiri disuatu tempat yang dinamakan depot untuk mendistribusikan barang kepada sekumpula pelanggan sesuai permintaannya masing – masing.Rute yang terbentuk harus mengunjungi setiap pelanggan tepat satu kali dan menghabiskan biaya atau jarak tempuh yang seminimal miungkin.Salah satu variasi dari VRP adalah VRP time windows (VRPTW) yang menambahkan kendala batasan selang waktu tertentu dalam melayani pelanggan, dan juga terdapat variasi lebih dari satu jenis kendaraan dalam mendistribusikan satu produk tersebut (heterogeneous fleet).PT. Green Energy Natural Gas adalah perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian gas alam yang sekarang ini melayani 87 pelanggan yang tersebar di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pendistribusian menggunakan dua jenis kendaraan yakni 17 unit long chases dan 15 unit colt diesel. Rute awal yang terbentuk memerlukan biaya total Rp 53.053.100,- dengan total jarak tempuh kurang lebih 30.868 KM setiap hari.Data pendistribusian awal tersebut perlu dilakukan pengoptimalan dalam mendistribusikan dengan menggunakan metode Vehicle Routing Problem (Saving Matrix) dan Nearest Neighboar.Dari pengolahan menggunakan metode tersebut dihasilkan 29 rute baru dengan total biaya pendistribusian Rp 32.616.750,00 dengan total jarak tempuh kurang lebih 16.105KM setiap hari menggunakan kendaraan 17 unit jenis long chases dan 4 unit jenis colt diesel.
id IOS13350.2178
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:53:06Z
last_indexed 2020-03-24T07:53:06Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686664565153071104
score 17.538404