IMPLEMENTASI METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN HETEROGENEOUS FLEET DAN TIME WINDOWS PADA PENDISTRIBUSIAN OXYFUEL (Studi Kasus: PT. GREEN ENERGY NATURAL GAS )
ctrlnum |
2178 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/2178/</relation><title>IMPLEMENTASI METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN HETEROGENEOUS FLEET DAN TIME WINDOWS PADA PENDISTRIBUSIAN OXYFUEL
(Studi Kasus: PT. GREEN ENERGY NATURAL GAS )</title><creator>Najib, Muhammad Ainun</creator><subject>Industrial Engineering</subject><subject>Engineering</subject><description>Pendistribusian barang atau jasa merupakan salah satu bagian penting dari kegiatan sebuah perusahaan, yang sering
mengadakan pengambilan keputusan mengenai rute yang dapat mengoptimalkan biaya, waktu dan sumberdaya lain yang
tersedia. Masalah ini dapat diformulasikan secara matematis sebagai sebuah Vehicle Routing Problem (VRP).VRP merupakan
salah satu aplikasi dari teori graf dan optimasi kombinatorial yang mencakup penentuan sejumlah rute angkutan yang diawali
dan diakhiri disuatu tempat yang dinamakan depot untuk mendistribusikan barang kepada sekumpula pelanggan sesuai
permintaannya masing – masing.Rute yang terbentuk harus mengunjungi setiap pelanggan tepat satu kali dan menghabiskan
biaya atau jarak tempuh yang seminimal miungkin.Salah satu variasi dari VRP adalah VRP time windows (VRPTW) yang
menambahkan kendala batasan selang waktu tertentu dalam melayani pelanggan, dan juga terdapat variasi lebih dari satu
jenis kendaraan dalam mendistribusikan satu produk tersebut (heterogeneous fleet).PT. Green Energy Natural Gas adalah
perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian gas alam yang sekarang ini melayani 87 pelanggan yang tersebar di
Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pendistribusian menggunakan dua jenis kendaraan yakni 17 unit long chases dan 15 unit colt
diesel. Rute awal yang terbentuk memerlukan biaya total Rp 53.053.100,- dengan total jarak tempuh kurang lebih 30.868 KM
setiap hari.Data pendistribusian awal tersebut perlu dilakukan pengoptimalan dalam mendistribusikan dengan menggunakan
metode Vehicle Routing Problem (Saving Matrix) dan Nearest Neighboar.Dari pengolahan menggunakan metode tersebut
dihasilkan 29 rute baru dengan total biaya pendistribusian Rp 32.616.750,00 dengan total jarak tempuh kurang lebih
16.105KM setiap hari menggunakan kendaraan 17 unit jenis long chases dan 4 unit jenis colt diesel.</description><date>2017-04-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/1/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/2/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/3/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/4/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/5/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/6/BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2178/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Najib, Muhammad Ainun (2017) IMPLEMENTASI METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN HETEROGENEOUS FLEET DAN TIME WINDOWS PADA PENDISTRIBUSIAN OXYFUEL (Studi Kasus: PT. GREEN ENERGY NATURAL GAS ). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><relation>http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--muhammadai-2243&q=Muhammad%20Ainun%20Najib</relation><recordID>2178</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Najib, Muhammad Ainun |
title |
IMPLEMENTASI METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN HETEROGENEOUS FLEET DAN TIME WINDOWS PADA PENDISTRIBUSIAN OXYFUEL
(Studi Kasus: PT. GREEN ENERGY NATURAL GAS ) |
publishDate |
2017 |
topic |
Industrial Engineering Engineering |
url |
http://eprints.umg.ac.id/2178/1/BAB%201.pdf http://eprints.umg.ac.id/2178/2/BAB%202.pdf http://eprints.umg.ac.id/2178/3/BAB%203.pdf http://eprints.umg.ac.id/2178/4/BAB%204.pdf http://eprints.umg.ac.id/2178/5/BAB%205.pdf http://eprints.umg.ac.id/2178/6/BAB%206.pdf http://eprints.umg.ac.id/2178/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umg.ac.id/2178/ http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--muhammadai-2243&q=Muhammad%20Ainun%20Najib |
contents |
Pendistribusian barang atau jasa merupakan salah satu bagian penting dari kegiatan sebuah perusahaan, yang sering
mengadakan pengambilan keputusan mengenai rute yang dapat mengoptimalkan biaya, waktu dan sumberdaya lain yang
tersedia. Masalah ini dapat diformulasikan secara matematis sebagai sebuah Vehicle Routing Problem (VRP).VRP merupakan
salah satu aplikasi dari teori graf dan optimasi kombinatorial yang mencakup penentuan sejumlah rute angkutan yang diawali
dan diakhiri disuatu tempat yang dinamakan depot untuk mendistribusikan barang kepada sekumpula pelanggan sesuai
permintaannya masing – masing.Rute yang terbentuk harus mengunjungi setiap pelanggan tepat satu kali dan menghabiskan
biaya atau jarak tempuh yang seminimal miungkin.Salah satu variasi dari VRP adalah VRP time windows (VRPTW) yang
menambahkan kendala batasan selang waktu tertentu dalam melayani pelanggan, dan juga terdapat variasi lebih dari satu
jenis kendaraan dalam mendistribusikan satu produk tersebut (heterogeneous fleet).PT. Green Energy Natural Gas adalah
perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian gas alam yang sekarang ini melayani 87 pelanggan yang tersebar di
Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pendistribusian menggunakan dua jenis kendaraan yakni 17 unit long chases dan 15 unit colt
diesel. Rute awal yang terbentuk memerlukan biaya total Rp 53.053.100,- dengan total jarak tempuh kurang lebih 30.868 KM
setiap hari.Data pendistribusian awal tersebut perlu dilakukan pengoptimalan dalam mendistribusikan dengan menggunakan
metode Vehicle Routing Problem (Saving Matrix) dan Nearest Neighboar.Dari pengolahan menggunakan metode tersebut
dihasilkan 29 rute baru dengan total biaya pendistribusian Rp 32.616.750,00 dengan total jarak tempuh kurang lebih
16.105KM setiap hari menggunakan kendaraan 17 unit jenis long chases dan 4 unit jenis colt diesel. |
id |
IOS13350.2178 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Gresik |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptma.onesearch.id dpr.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
737 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik |
library_id |
758 |
collection |
Muhammadiyah University of Gresik |
repository_id |
13350 |
city |
GRESIK |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13350 |
first_indexed |
2020-03-24T07:53:06Z |
last_indexed |
2020-03-24T07:53:06Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1686664565153071104 |
score |
17.538404 |