Daftar Isi:
  • Dalam usaha menarik minat pasien agar memanfaatkan jasa pelayanan klinik, maka perlu adanya strategi pemasaran yang jitu seperti di berikan promosi kepada pasien. Sehubungan dengan hal itu maka pihak klinik terlebih dahulu harus mengetahui tentang profil dan latar belakang pasien yang akan dihadapi. Calon pasien datang dari berbagai kalangan, asal dan latar belakang yang berbeda, pihak rumah sakit perlu sistem dalam kegiatan pemasaran rumah sakit agar mudah dalam mengetahui informasi pasien tersebut ke dalam beberapa aturan asosiasi yang dapat digunakan mengetahui kriteria pasien yang layak di beri promosi, melalui teknik data mining menggunakan metode Apriori (Assosiation Rule). Dengan menggunakan data pasien tersebut maka sistem ini dapat digunakan sebagai solusi yang tepat untuk meningkatkan kecepatan proses pembentukan frequent itemset, pembentukan 3 itemset dari 2 itemset, perhitungan nilai support dan confidence serta pembentukan kaidah asosiasi dari 2-itemset dan 3-itemset yang dilanjutkan dengan pengujian metode lift, jika nilai uji lift diatas 1 maka terdapat korelasi posistif ≥ 1 yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi strategi promosi Klinik Mata Utama Gresik.