Daftar Isi:
  • Perusahaan selalu membuat rencana kerja untuk menentukan target penjualan. Namun, selama ini target penjualan untuk masa depan tidak sesuai karena masih dipengaruhi oleh pendapat atau perasaan pembuatnya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu pengelolaan target penjualan secara lebih baik, sehingga penentuan target bisa lebih akuntabel dan lebih beralasan. Penelitian ini menggunakan metode Double Exponential Smoothing untuk memperkirakan tingkat penjualan mobil selama satu bulan ke depan. Data diolah dengan menggunakan data historis penjualan mobil PT. Srikandi Diamond Indah Motors Gresik periode Januari 2014 - Februari 2016. Pengujian sistem dilakukan seabanyak tiga kali, menggunakan pengujian data tiga bulan, enam bulan dan dua belas bulan, masing-masing data uji menggunakan jumlah data pengujian yang berbeda. Maka benar bahwa deviasi absolut (MAD) adalah kesalahan peramalan nilai terkecil. Berdasarkan hasil pengujian sistem itu menunjukkan bahwa jumlah data yang digunakan mempengaruhi forecast error (MAD). Kesalahan perkiraan terbaik ditemukan pada 3 bulan data pengujian yang memiliki nilai MAD 2,25.