SISTEM PERAMALAN PENJUALAN KAIN MAJUN MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT (STUDI KASUS UD. FARREL MULYA INDUSTRI)
Main Author: | SATRIAWAN, DEMA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/21/1/1.%20Cover%20Dalam.pdf http://eprints.umg.ac.id/21/11/13.%20BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/21/12/14.%20BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/21/13/15.%20BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/21/14/16.%20BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/21/15/17.%20BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/21/16/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umg.ac.id/21/ |
Daftar Isi:
- Setiap perusahaan memiliki ketentuan tersendiri dalam menjalankan kegiatan usahanya untuk kelangsungan sebuah perusahaan. Sebagaimana pada UD. Farrel Mulya Industri yang bergerak dibidang distributor penjualan barang consumable perusahaan seperti sarung tangan, masker, kaos (seragam) dan kain majun. Salah satu kegiatan usahanya adalah penjualan kain majun diberbagai perusahaan di Kawasan Industri Gresik (KIG) yang mana memiliki pembeli (Purchasing) pada setiap perusahaan yang memesan kain majun dengan jumlah permintaan yang bervariasi untuk itu dibutuhkan strategi untuk memperkirakan penjualan kedepan agar terhindar dari kekosongan stok kain majun atau kelebihan stok kain majun sehingga modal yang ditanamkan menjadi lebih efisien. Pada penelitian ini menggunakan Metode Trend Moment adapun data yang akan digunakan untuk meramalkan penjualan pada periode selanjutnya adalah data aktual penjualan kain majun pada periode Mei 2014 – Juni 2017 yang mana akan diujikan kedalam sistem dengan data acuan 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, dan semua bulan (semua data) untuk mendapatkan hasil peramalan dengan kesalahan peramalan terkecil diukur dengan Mean Absolut Deviation (MAD) dan Mean Absolut Percentage Error (MAPE) dengan membandingkan antara data aktual dengan hasil yang diramalkan oleh sistem.