SISTEM APLIKASI PERAMALAN PENJUALAN JAM TANGAN CENTER MENGGUNAKAN METODE LEAST SQUARE
Daftar Isi:
- Jam tangan center merupakan sebuah perusahaan kecil di gresik yang menjual berbagai macam tangan original. Di tempat ini juga sama dengan perusahaan besar lainnya yang membuat sebuah target dalam penjualannya. Namun, selama ini Jam Tangan Center melakukan penargetan penjualan hanya dengan inisiatif dari pemikiran saja. Sehingga sering kali mengalami kemelesetan. Penelitian ini menerapkan teknik data mining prediction dengan menggunakan metode least square untuk memprediksi jumlah penjualan pada bulan berikutnya. Data yang digunakan diambil dari data Jam Tangan Center Gresik tahun 2014 sampai 2016 sebanyak 36 data dengan 8 merk jam tangan yaitu, Alexandre Christie, Alba, Casio, Devond, Expedition, Swiss Army, Fossil dan Seiko. Pengujian sistem dilakukan dengan 17 pengujian dari masing-masing merk jam tangan yang digunakan untuk memprediksi sebanyak 2 bulan sampai 18 bulan. Kemudian dari 17 pengujian tersebut hasilnya dibandingkan untuk mendapatkan Forecast Error terkecil untuk memperoleh nilai akurasi yang baik. Pada hasil pengujian diperoleh akurasi tertinggi yaitu pada pengujian kesebelas untuk jam tangan merk Casio dengan menggunakan data 12 bulan dengan MAD sebesar 6,507 dengan tingkat kesalahan prediksi MAPE sebesar 3%.