APLIKASI PEMODELAN PEMBELIAN BARANG MENGGUNAKAN METODE APRIORI PADA C.V ADIWANGSA ABYUDAYA LAMONGAN
Main Author: | NUGROHO A, NOVAN DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/1917/1/BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/1917/2/BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/1917/3/BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/1917/4/BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/1917/5/BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/1917/6/daftar%20pustaka.pdf http://eprints.umg.ac.id/1917/ http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--novandwinu-2812&q=NOVAN%20DWI%20NUGROHO%20A |
Daftar Isi:
- Adiwangsa Abyudaya adalah perusahaan yang baru saja berkembang sedangkan proses bisnis sering terhambat stakeholder tidak mengetahui secara pasti mana barang yang paling diminati oleh konsumen atau pasar karena terlalu banyaknya data transaksi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari set item (barang) yang paling diminati oleh pasar menggunakan metode Apriori. Pengujian sistem menggunakan variasi nilai minimal support 8% dan minimal support 10% dengan nilai minimal confidence 60%. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa pola pembelian konsumen mulai terbentuk pada bulan maret dan april salah satunya yaitu kemungkinan konsumen membeli mie kremez dan marimas secara bersamaan pada bulan maret dengan nilai confidence yang kuat (Guildford) yaitu 73,97% kemudian berulang di bulan maret masih masih pada produk yang sama dengan nilai confidence 77,89%. Aplikasi ini berhasil menemukan daftar barang yang paling sering dibeli secara bersamaan diantaranya Marimas, Mie Kremez, Top, dan Growie menggunakan minimal support 8% dan 10% pada minimal confidence 60% menggunakan keseluruhan data.