ctrlnum 19
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/19/</relation><title>KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH&#xD; MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL&#xD; PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED&#xD; INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS VII-A&#xD; SMPN 1 KEBOMAS</title><creator>Al Farichah, Atiqhotul Maula</creator><subject>Mathematic Education</subject><description>Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan bagian penting&#xD; dalam pembelajaran matematika. Untuk mengembangkan kemampuan&#xD; pemecahan masalah matematika diperlukan sebuah model pembelajaran yang&#xD; inovatif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.&#xD; Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan&#xD; pemecahan masalah matematika adalah model pembelajaran Team Asissted&#xD; Individualization. Model pembelajaran Team Asissted Individualization terdiri&#xD; delapan tahap yaitu Placement test, Team, Teaching Group, Student Creative,&#xD; Team Study, Fact Test, Team Score and Team Recognition, dan Whole- Class&#xD; Units. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan&#xD; kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan masalah&#xD; matematika melalui model pembelajaran Team Asissted Individualization.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini&#xD; dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kebomas pada kelas VII-A sebanyak 32 peserta&#xD; didik pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018. Metode pengumpulan&#xD; data adalah metode tes. Metode tes digunakan untuk mendapatkan data&#xD; kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Instrumen penelitian yang&#xD; digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika&#xD; berbentuk uraian yang sebelumnya diuji validitas oleh para ahli.&#xD; Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah&#xD; matematika peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 1 Kebomas melalui model&#xD; pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) tergolong baik&#xD; dengan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 70,66%. Dengan&#xD; rincian 70,14% kemampuan peserta didik memahami indikator memahami&#xD; masalah, 67,36% kemampuan peserta didik memahami indikator merencanakan&#xD; pemecahan, 72,22% kemampuan peserta didik memahami indikator&#xD; melaksanakan rencana pemecahan, 72,92% kemampuan peserta didik memahami&#xD; indikator memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian.</description><date>2018-04-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/1/2.%20Cover%20dalam_.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/2/3.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/3/4.%20BAB%20II%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/4/5.%20BAB%20III%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/5/6.%20BAB%20IV%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/6/7.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/7/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf</identifier><identifier> Al Farichah, Atiqhotul Maula (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS VII-A SMPN 1 KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><recordID>19</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Al Farichah, Atiqhotul Maula
title KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS VII-A SMPN 1 KEBOMAS
publishDate 2018
topic Mathematic Education
url http://eprints.umg.ac.id/19/1/2.%20Cover%20dalam_.pdf
http://eprints.umg.ac.id/19/2/3.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/19/3/4.%20BAB%20II%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/19/4/5.%20BAB%20III%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/19/5/6.%20BAB%20IV%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/19/6/7.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/19/7/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/19/
contents Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika diperlukan sebuah model pembelajaran yang inovatif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah model pembelajaran Team Asissted Individualization. Model pembelajaran Team Asissted Individualization terdiri delapan tahap yaitu Placement test, Team, Teaching Group, Student Creative, Team Study, Fact Test, Team Score and Team Recognition, dan Whole- Class Units. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika melalui model pembelajaran Team Asissted Individualization. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kebomas pada kelas VII-A sebanyak 32 peserta didik pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018. Metode pengumpulan data adalah metode tes. Metode tes digunakan untuk mendapatkan data kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk uraian yang sebelumnya diuji validitas oleh para ahli. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 1 Kebomas melalui model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) tergolong baik dengan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 70,66%. Dengan rincian 70,14% kemampuan peserta didik memahami indikator memahami masalah, 67,36% kemampuan peserta didik memahami indikator merencanakan pemecahan, 72,22% kemampuan peserta didik memahami indikator melaksanakan rencana pemecahan, 72,92% kemampuan peserta didik memahami indikator memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian.
id IOS13350.19
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:52:45Z
last_indexed 2020-03-24T07:52:45Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686664532286504960
score 17.538404