KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS VII-A SMPN 1 KEBOMAS
Main Author: | Al Farichah, Atiqhotul Maula |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/19/1/2.%20Cover%20dalam_.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/2/3.%20BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/3/4.%20BAB%20II%20.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/4/5.%20BAB%20III%20.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/5/6.%20BAB%20IV%20.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/6/7.%20BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/7/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/ |
ctrlnum |
19 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/19/</relation><title>KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED
INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS VII-A
SMPN 1 KEBOMAS</title><creator>Al Farichah, Atiqhotul Maula</creator><subject>Mathematic Education</subject><description>Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan bagian penting
dalam pembelajaran matematika. Untuk mengembangkan kemampuan
pemecahan masalah matematika diperlukan sebuah model pembelajaran yang
inovatif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika adalah model pembelajaran Team Asissted
Individualization. Model pembelajaran Team Asissted Individualization terdiri
delapan tahap yaitu Placement test, Team, Teaching Group, Student Creative,
Team Study, Fact Test, Team Score and Team Recognition, dan Whole- Class
Units. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan masalah
matematika melalui model pembelajaran Team Asissted Individualization.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kebomas pada kelas VII-A sebanyak 32 peserta
didik pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018. Metode pengumpulan
data adalah metode tes. Metode tes digunakan untuk mendapatkan data
kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika
berbentuk uraian yang sebelumnya diuji validitas oleh para ahli.
Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah
matematika peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 1 Kebomas melalui model
pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) tergolong baik
dengan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 70,66%. Dengan
rincian 70,14% kemampuan peserta didik memahami indikator memahami
masalah, 67,36% kemampuan peserta didik memahami indikator merencanakan
pemecahan, 72,22% kemampuan peserta didik memahami indikator
melaksanakan rencana pemecahan, 72,92% kemampuan peserta didik memahami
indikator memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian.</description><date>2018-04-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/1/2.%20Cover%20dalam_.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/2/3.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/3/4.%20BAB%20II%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/4/5.%20BAB%20III%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/5/6.%20BAB%20IV%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/6/7.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/19/7/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf</identifier><identifier> Al Farichah, Atiqhotul Maula (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS VII-A SMPN 1 KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><recordID>19</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Al Farichah, Atiqhotul Maula |
title |
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED
INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS VII-A
SMPN 1 KEBOMAS |
publishDate |
2018 |
topic |
Mathematic Education |
url |
http://eprints.umg.ac.id/19/1/2.%20Cover%20dalam_.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/2/3.%20BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/3/4.%20BAB%20II%20.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/4/5.%20BAB%20III%20.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/5/6.%20BAB%20IV%20.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/6/7.%20BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/7/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf http://eprints.umg.ac.id/19/ |
contents |
Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan bagian penting
dalam pembelajaran matematika. Untuk mengembangkan kemampuan
pemecahan masalah matematika diperlukan sebuah model pembelajaran yang
inovatif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika adalah model pembelajaran Team Asissted
Individualization. Model pembelajaran Team Asissted Individualization terdiri
delapan tahap yaitu Placement test, Team, Teaching Group, Student Creative,
Team Study, Fact Test, Team Score and Team Recognition, dan Whole- Class
Units. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan masalah
matematika melalui model pembelajaran Team Asissted Individualization.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kebomas pada kelas VII-A sebanyak 32 peserta
didik pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018. Metode pengumpulan
data adalah metode tes. Metode tes digunakan untuk mendapatkan data
kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika
berbentuk uraian yang sebelumnya diuji validitas oleh para ahli.
Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah
matematika peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 1 Kebomas melalui model
pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) tergolong baik
dengan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 70,66%. Dengan
rincian 70,14% kemampuan peserta didik memahami indikator memahami
masalah, 67,36% kemampuan peserta didik memahami indikator merencanakan
pemecahan, 72,22% kemampuan peserta didik memahami indikator
melaksanakan rencana pemecahan, 72,92% kemampuan peserta didik memahami
indikator memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian. |
id |
IOS13350.19 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Gresik |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptma.onesearch.id dpr.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
737 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik |
library_id |
758 |
collection |
Muhammadiyah University of Gresik |
repository_id |
13350 |
city |
GRESIK |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13350 |
first_indexed |
2020-03-24T07:52:45Z |
last_indexed |
2020-03-24T07:52:45Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1686664532286504960 |
score |
17.538404 |