Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Melalui Pembelajaran Matematika realistik Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Benjeng
Main Author: | Silviana, Dini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/1812/1/ABSTRAK.pdf http://eprints.umg.ac.id/1812/2/BAB%201.pdf http://eprints.umg.ac.id/1812/3/BAB%202.pdf http://eprints.umg.ac.id/1812/4/BAB%203.pdf http://eprints.umg.ac.id/1812/5/BAB%204.pdf http://eprints.umg.ac.id/1812/6/BAB%205.pdf http://eprints.umg.ac.id/1812/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umg.ac.id/1812/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis tertulis peserta didik melalui pembelajaran matematika realistik dengan materi teorema Pytagoras pada peserta didik SMP Muhammadiyah 8 Benjeng-Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 8 Benjeng-Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan komunikais matematis tertulis dan pedoman wawancara. Hasilnya adalah kemampuan komunikasi matematis tertulis peserta didik kelas VIII-A SMP Muhammadiyah Benjeng-Gresik berada pada kategori cukup baik dengan rata-rata nilaiakhir 63.71. Kemampuan Komunikasi matematis tertulis tersebut terdiri dari tiga aspek kemampuan yaitu aspek kemampuan gramatikal yang berada pada kriteria ckup baik dengan nilai akhir 73.50, aspek kemampuan sosiolinguistik padfa kriteria kurang baik dengan nilai akhir 58.44 dan aspek kemampuan strategis pada kriteria kurang baik dengan nilai akhir 60.21.